Strategi Pemasaran menggunakan Sales Promotion Girls (SPG) dalam Perspektif Ekonomi Islam
Nurudin – UIN Walisongo Semarang Indonesia
Sales promotion girl (SPG) adalah profesi yang bergerak di bidang pemasaran atau promosi suatu produk. Profesi ini biasanya menggunakan wanita yang memiliki karakter fisik yang menarik sebagai upaya untuk menarik perhatian konsumen. SPG dituntut memiliki ketrampilan dalam menawarkan barang / jasa perusahaan. Biasanya cara penawaran produk oleh SPG memiliki beberapa ciri yang menarik dalam upaya menarik perhatian konsumen. Dengan sistem promosi yang menggunakan jasa seorang konsumen tidak jarang SPG lebih condong ke arah produk tersebut melainkan karena tampilan fisik SPG terlihat seksi dalam balutan busana tersebut. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak produk tersebut agar terkenal dan dijual ke masyarakat umum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu data disajikan dengan kata-kata. Dengan menggunakan metode deskriptif. Perspektif Ekonomi Islam tentang strategi pemasaran dengan menggunakan SPG tidak diperbolehkan jika SPG berbusana seksi dan menampakkan aksen tubuhnya yaitu jangan sampai konsumen membeli barang, bukan karena kualitas produknya.